Misteri Pembunuhan Seorang Gadis Disebuah Negara Paling Aman di Dunia

Posted on
Misteri Pembunuhan Seorang Gadis Disebuah Negara Paling Aman di Dunia
Misteri Pembunuhan Seorang Gadis Disebuah Negara Paling Aman di Dunia

Indobaca.com

Sebuah Kasus pembunuhan yang terjadi kepada gadis berusia 20 tahun bernama Birna Brjansdottir membuat heboh warga Islandia. Padahal, Negara yang Lokasinya sangta dekat dengan kutub utara tersebut dikenal sebagai negara teraman di dunia, dan selalu menempati posisi pertama pada indeks perdamaian global selama satu dekade terakhir ini.

Selama ini, Pihak Kepolisian Islandia tidak pernah membawa senjata selama melakukan patroli, dan warganya bisa berjalan-jalan sepanjang malam tanpa perlu takut akan tindak kejahatan dari orang lain. Akan tetapi, hal itu berubah semenjak insiden pembunuhan 10 hari lalu, ketika Seorang gadis bernam Birna dilaporkan telah menghilang.

Bebrapa hari setelah laporan tersebut diterima pihak kepolisian, sepatu gadis ini telah ditemukan disebuah pelabuhan di negara tersebut, kemudian darah dari gadis malang itu ditemukan di dalam mobilnya. Penemuan tersebut sontak membuat pihak kepolisian setempat melakukan pencarian secara besar-besaran disekitar laut dermaga, dan baru setalah hari Minggu (22/1) kemarin, tubuhnya telah berhasil ditemukan namun dalam keadaan tak bernapas.

Birna Brjansdottir
Birna Brjansdottir

“Bagaimana bisa insiden seperti ini (pembunuhan) terjadi di negara kami (Islandia) yang damai ini?” tulis salah seorang kolumnis yang mengikuti tragedi ini, dilansir The Washington Post, pada Selasa (24/1).

Tepatnya 14 Januari 2017 lalu, Birna dilaporkan telah menghilang oleh keluarganya. Gadis berusia 20 tahun itu baru saja pulang dari sebuah kelab setelah menghadiri sebuah festival band indie tahunan. Dengan sebuah kebab di tangannya, dirinya terlihat berbelok ke sebuah gang sempit, dan di sana terdapat dua orang asing.

Setelah itu, Ia melanjutkan perjalanannya ke sebuah blok sepi. Namun sayang, CCTV tak merekam perjalanan gadis tersebut selanjutnya.

Polisi mencoba melacak ponsel sang korban selama 20 menit, dan terlibat gadis tersebut berjalan di sepanjang pantai Reykjavik, sebelum akhirnya dimatikan oleh seseorang. Di sana, petugas menemukan sepatunya di dekat pelabuhan.

Setelah penemuan sepatu korban, sebuah helikopter penjaga pantai diterjunkan untuk mencari Birna di seluruh kota dan sepanjang negara Islandia. Di waktu yang sama pula, kelompok pasukan polisi elite diditerjunkan dilaut Islandia. Mereka berhasil menahan sebauh kapal bernama Polar Nanoq, yang berlayar sesaat setelah sepatu korban berhasil ditemukan.

Polisi menahan kapal tersebut dan membawanya kembali ke Islandia, kemudian mengamankan dua dari pelautnya, yang diduga menyewa sebuah mobil saat gadis malang tersebut hilang. Karena, Birna terlihat berjalan tepat di samping kendaraan tersebut setelah meninggalkan kelab tersebut.

“Polisi meyakini bahwa Birna (20) dibunuh didalam mobil sewaan itu,” lapor harian Monitor.

Setelah jasadnya ditemukan, seluruh negara langsung berduka. Warga berjalan keluar dan menyalakan lilin di tengah turun salju yang lebat.

“Semua orang di Greenland berbicara soal kejadian ini. Setiap rumah, semua orang di setiap sudut jalan,” ucap seorang perempuan kepada Daily Monitor.

“Tidak ada seorang pun di negara ini (Islandia) yang saya temui selama beberapa hari terakhir tidak tahu soal kasus ini,” tulis jurnalis Daily Monitor.

Kasus seperti ini sangat jarang terjadi di negara Islandia ini, sebuah kasus pembunuhan pembunuhan biasanya terjadi dua kali dalam satu tahun, bahkan tidak ada sama sekali dalam satu tahun tersebut.

Sebuah lembaga think tank asal Australia menempatkan negara Islandia sebagai negara paling damai yang ada di dunia. Apalagi, polisi Islandia sampai meminta maaf setelah menembak mati seorang pria untuk pertama kalinya pada tahun 2013 silam.