Seniman Asal Bandung Ini Eksplorasi Lukisan dengan Material Kertas

Posted on
Seniman Asal Bandung Ini Eksplorasi Lukisan dengan Material Kertas
Seniman Asal Bandung Ini Eksplorasi Lukisan dengan Material Kertas

Indobaca.com

Sebuah Kertas Ternyata bisa menjadi sebuah karya seni yang sangat menakjubkan jika dikerjakan oleh seorang seniman yang handal. Bagi Irfan Hendrian, kertas merupakan sebuah tempat untuk mengeksplorasi beragam bentuk yang kini disukai oleh para penikmat seni sekaligus kolektor seni ternama.

Irfan pun membeberkan pengalamannya tentang berkarya sekaligus berinovasi dalam penggunaan bahan kertas yang digeluti sejak beberapa tahun belakangan ini. Ketika Ditemui di Acara Art Stage Singapore 2017, Irfan mengungkapkan bahwa latar belakangnya adalah book binder, industrial printmaker, dan graphic designer.

Irfan Hendrian
Irfan Hendrian

“Mungkin dari background tersebut mendekatkan saya dengan medium kertas dan membentuk presepsi material kertas sebagai sebuah material lemah akan tetapi kuat, datar dan merupakan tiga dimensi,” ujarnya di Marina Bay Sands Expo and Convention Center.

Bagi Irfan sendiri, kelemahan dari kertas tersebut menjadikan material tersebut kian kokoh dimatanya.

“Dengan berlapis-lapis, kertas bisa jadi kuat, kokoh, dan membentuk sebuah karya seni yang indah. Saya mencetaknya dengan mesin press dan teknik ini sudah lumrah dipakai dizaman modern ini,” ungkap Irfan.

Seniman yang sekarang tinggal di Bandung ini juga menambahkan bahwa latar belakang keluarga yang berasal dari profesi seroang insiyur dan ahli matematika tersebut, membuatnya terobsesi dengan teknik dan material ini.

“Mungkin karena itulah (keluarga) saya terus menerus mengeksplorasi material kertas”. ucapnya

Irfan Hendrian bukan sembarang seniman muda yang fokus terhadap seni kontemporer saja Lho. Lulusan dari Jurusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga belajar seni di LASALLE Singapura jurusan Desain Komunikasi Visual, serta Wanganui School of Design di Selandia Baru tersebut kini telah mendirikan IH Studio pada tahun 2011 silam. Sekarang dirinya menampilkan karya-karya seni material kertas yang abstrak di berbagai pameran di Tanah Air dan Mancanegara.