Para Peneliti Berencana Bangkitkan Harimau Ini Di Masa Depan

Posted on
Para Peneliti Berencana Bangkitkan Harimau Ini Di Masa Depan
Para Peneliti Berencana Bangkitkan Harimau Ini Di Masa Depan

Indobaca.com

Harimau Kaspia atau dalam istilah latin sering di sebut “Panthera tirgris virgata” merupakan subspesies harimau yang punah pada tahun 1960-an. Harimau Kaspia dewasa dapat tumbuh hingga bobot 136 kg. Hal ini menjadikannya spesies kucing terbesar yang pernah hidup berdampingan dengan manusia.

Namun, sebuah studi baru dalam jurnal Biological Conservation menunjukkan bahwa mereka dapat membangkitkan lagi harimau tersebut dari kematian. Benarkah? Semua berkat subspesies harimau lain yang berhasil ditemukan di salh satu tempat misterius di Negara Rusia.

Sebuah telah berhasil dibentuk oleh tim peneliti internasional yang sebagian didanai oleh World Wildlife Fund (WWF), mereka semua memiliki rencana ambisius untuk menangkap beberapa ekor harimau yang secara genetik sangat mirip dan akan memperkenalkan mereka ke Asia Tengah. Akan tetapi, Hal ini masih diperlukan banyak sekali penelitian untuk mewujudkannya menjadi sebuah kenyataan.

Sebelum kepunahannya, Harimau Kaspia dapat ditemukan di wilayah-wilayah jajahan Rusia, Mongolia, Kazakhstan, China, Afghanistan, dan beberapa negara Asia Tengah lainnya. penyebab kepunahan binatang ini disebebkan oleh beberapa faktor, diantaranya hutan yang dijadikan sebuah lahan pertanian, jumlah makanan yang menipis, serta perburuan secara terus-menerus untuk olahraga, hal itulah yang mugkin menjadi pemicu kepunahannya hewan ini.

Anehnya, analisis genetik kontemporer subspesies harimau lain yang ditemukan di Rusia, baru baru ini menunjukan dua subspesies telah menyimpang dari satu nenek moyang mereka sendiri. Untuk itulah, dalam rangka berusaha membangkitkan lagi harimau yang telah punah dengan DNA harimau yang serupa, sebuah lahan telah disiapkan di negara Kazakhstan.

Lahan di Kazakhstan tersebut dapat mendukung populasi 100 harimau dalam jangka waktu 50 tahun ke depan. Proyek tersebut bahkan telah mendapat lampu hijau dari pihak pemerintahan setempat.

Hewan-hewan yang biasa menjadi mangsa harimau, seperti babi hutan dan rusa, juga akan dilepaskan di daerah tersebut. Banyak yang hal harus dilakukan, akan tetapihal tersebut memang bisa dibilang efektif untuk bisa membangkitkan kembali harimau Kaspia dari kematian.