Antisipasi Bentrokan dalam Sidang Ahok, Polri Perketat Penjagaan Sekitar Lokasi

Posted on
Kawal Sidang Lanjutan Ahok, Polisi Intruksikan Siaga Penuh di Sekitar Lokasi
Kawal Sidang Lanjutan Ahok, Polisi Intruksikan Siaga Penuh di Sekitar Lokasi

Indobaca.com

Sekelompok Massa yang Pro dan Kontra terhadap Ahok mulai berdatangan di depan Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan , Jakarta Selatan untuk mengawal langsung sidang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Polisi telah bersiaga untuk mengamankan situasi dari kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Kelompok Massa dari kubu kontra yang telah datang yakni dari organisasi Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) dan Aliansi Pergerakan Islam (API) yang berasal dari Jawa Barat. Mereka membawa sejumlah atribut yang berupa bendera bertuliskan Parmusi dan API.

Sementara kelompok massa yang pro/pendukung Ahok kompak mengenakan kemeja kotak-kotak. Untuk mengamankan jalannya sidang, polisi juga telah menyiapkan kawat barier hingga water canon disekitar lokasi.

Sementara arus lalu lintas di depan Kementan mulai ditutup pada jam 03.00 WIB pagi tadi.

“Iya memang kami mulai menutupnya jam 03.00 WIB nanti. Kan emang harus ada persiapan sebelumnya, jadi kita lakukan persiapan dari subuh tadi,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Senin (16/1).

Ia pun menambahkan, penutupan arus lalu lintas tersebut dilakukan pada dini hari tadi untuk mempersiapkan penempatan kendaraan taktis, seperti misalnya sebuah kawat barier hingga mobil water canon. Sebab, massa yang pro dan kontra juga diprediksi akan mulai kembali memadati kawasan tersebut untuk melakukan aksi mereka.

“Dari hasil evaluasi kami, massa kedua kubu (pro & kontra) ini harus kita atur supaya tidak ada bentrokan. Makanya kita perlu waktu untuk persiapan,” ungkap Argo.