Layaknya Kisah Dongeng, Satpam Ini Ternyata Bisa Menjadi Seorang Raja

Posted on
Layaknya Kisah Dongeng, Satpam Ini Ternyata Bisa Menjadi Seorang Raja
Layaknya Kisah Dongeng, Satpam Ini Ternyata Bisa Menjadi Seorang Raja

Indobaca.com

Seorang pemimpin perusahaan-perusahaan pengamanan membuat kaget rekan-rekannya. Ternyata dibalik sosoknya itu, pria yang bernama Emmanuel Bushayija, ternyata berdarah biru. Dia sendiri sejatinya keturunan ningrat di negara tanah leluhurnya.

Emmanuel baru saja diangkat menjadi raja baru Rwanda. Pria berusia 56 tahun ini menggantikan pamannya, Raja Kigeli V yang meninggal tiga bulan yang lalu.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu, 14 Januari 2017, Emmanuel ini menggantikan Raja Kigeli V karena sang raja tidak memiliki seorang anak. Kerajaan pun menunjuk keponakan dari sang raja yaitu Emmanuel. Dengan begitu, Emmanuel resmi menjadi raja Rwanda dan menyandang gelar Raja Yuhi VI.

“Dewan Kerajaan dan Kanselir Kerjaan Rwanda mersa sangat gembira untuk mengumumkan hal ini (penerus Raja Kigeli V), raja terakhir untuk memerintah Rwanda,” tulis pengumuman resmi Rwanda.

Sebenarnya, Emmanuel bersama keluarganya diasingkan ketika ada ketegangan antara pihak bangsawan dengan presiden baru pada tahun 1961 silam. Dia pun dibesarkan di Uganda dan mendapatkan pekerjaan di Pepsi Cola..

Emmanuel sendiri sempat tinggal di Kenya dan bekerja di sebuah perusahaan industri pariwisata, lalu ia memutuskanuntuk kembali lagi ke Rwanda. Pada tahun 2000, pria ini tinggal di London, Inggris.

Dewan Kanselir Rwanda, Boniface Benzinge, menyebut bahwa Raja Kigeli V menunjuk Emmanuel sebagai pewaris sah tahta sang raja. Boniface mengatakan Raja Kigeli V menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 16 Oktober 2016 lalu di AS (Amerika Serikat) pada usia yang menginjak 80 tahun.

“Yang Mulia Raja Yuhi VI Bushayija adalah seorang anak dari yang Mulia Raja Theoneste Bushayija dan cucu dari Yang Mulia Raja Yuhi IV Musinga,” kata Boniface

Sebagai raja baru, Emmanuel pun kini berperan sebagai petinggi dewan kehormatan Rwanda.