Pro dan Kontra Setelah Diterbitkannya Mata Uang Rupiah Yang Baru

Posted on
Pro dan Kontra Setelah Diterbitkannya Mata Uang Rupiah Yang Baru
Pro dan Kontra Setelah Diterbitkannya Mata Uang Rupiah Yang Baru

Indobaca.com

Foto Pahlawan Aceh, Cut Mutia dalam Pecahan Uang Rp 1000 terbaru menuai kontoversi dikalngan masyarakat Aceh, Karena dianggap melecehkan para wanita di aceh, karena dalam uang tersebur terlihat sang pahlawan tidak mengenakan jilbab, hal ini lah membuat masyarakat aceh khusus nya wanita, akan melayangkan petisi kepang Bank Indonesia (BI) sebagai bentuk protes mereka.

Masyarakat Tanah Rencong tersebut merasa kecewa atas gambar sang pahlawan tersebut yang dianggap bertolak belakang dengan budya masyarakat Aceh yang menjunjung tinggi syariat Islam.

Petisi yang diajukan ke Bank Indonesia tersebut dilakukan oleh Peubeudoh Sejarah Adat dan Budaya Aceh (Peusaba).Ketua Peusaba Mawardi Usman meminta dengan hormat kepada Pihak BI dan Pemerintah untuk merevisi gambar pahlawan Cut Meutia pada uang yang baru dari tak berhijab menjadi berhijab.

“Ada pencemaran dan pembelokan sejarah, terhadap pahlawan wanita Aceh dalam hal penggambaran di uang rupiah baru yakni Cut Meutia. Karenanya ini harus direvisi. Dalam waktu dekat kita, Puesaba, segera mengajukan petisi ke BI dan pemerintah,” tandas Mawardi yang dilansir Rakyat Aceh (Jawa Pos Group/pojoksatu), Kamis (22/12).

Mawardi juga mengungkapkan penggunaan lukisan pada pecahan uang yang baru tersebut dinilai sangat mencoreng nama baik sekaligus citra para wanita aceh yang selalu menjunjung tinggi budaya aceh yang berlandaskan Syariat Islam.

Peusaba dikabarkan telah mengumpulkan para sejarawan sekaligus ulama Aceh untuk bisa menekan pemerintah supaya segera merevisi uang tersebut.

“Dalam beberapa hari ini, bersama rekan-rekan sejarawan lainnya dan ulama, kita merembukkan konsep untuk petisi yang akan dikirimkan kepada pihak pemerintah,” tegasnya.