Tips Menentukan Antara Sang Kakak dan Sang Adik Pada Bayi Yang Kembar

Posted on
Tips Menentukan Antara Sang Kakak dan Sang Adik Pada Bayi Yang Kembar
Tips Menentukan Antara Sang Kakak dan Sang Adik Pada Bayi Yang Kembar

Indobaca.com

Memiliki bayi kembar bisa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Namun, saat si kembar lahir bisa timbul pertanyaan di benak orang tua, mana sang kakak dan mana sang adik.

Hal ini juga pernah dialami salah satu pembaca detikHealth, yang bernama Raras. Ia melahirkan dua anak kembar laki-laki dan di awal, seperti petunjuk dokter, disebutkan bahwa seorang bayi yang lahir pertamalah merupakan sang kakak.

“Tapi saya sempat bingung orang di rumah ada juga yang bilang kalau yang lahir duluan itu adalah adiknya, karena kakaknya ngalah. Ha ha ha. Ya, akhirnya sih saya pakai prinsip yang lahir duluan itu kakaknya,” tutur Rara.

Sedikit berbeda dengan Rara, pembaca detikHealth lainnya, Randy menyebutkan bahwa memang sebenarnya ada perbedaan pandangan antara bayi yang lahir terlebih dahulu atau yang belakangan yang disebut kakak. Namun, ia dan sang istri memegang prinsip yang lahir duluanlah merupakan sang kakak.

“Ya dia dipandang lebih tua meski bedanya hanya beberapa menit. Diperkuat lagi dengan pendapat dokter yang bilang yang lahir duluanlah yang disebut kakak. Makanya saya dan istri nyantai aja. Mertua sih sempat punya pandangan beda tapi beliau tetap ngikutin saya dan istri,” tutur ayah dari dua anak kembar perempuan ini.

Soal mana si kakak dan mana si adik pada bayi kembar, dr Khanisyah Erza Gumilar SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengungkapkan bahwa secara ilmiah dan rasional, bayi yang lahir pertama berusia lebih tua dibandingkan yang belum lahir (jika dilihat dari waktu kelahirannya).

“Dilihat dari usia di dalam kandungan pun nggak ada bedanya berarti kan,” ujar dr Erza kepada detikHealth.

Senada dengan dr Erza, dr Hari Nugroho yang juga praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan bahwa si kakak pada bayi kembar adalah bayi yang lahir lebih dulu. Jika dilihat dari posisi, maka yang berada di posisi bawah adalah sang kakak.

“Karena kan nanti dia yang lahir lebih dulu. Begitu juga kalau melahirkan caesar. Bayi yang posisinya di bawah kan kita keluarkan lebih dulu, itu si kakaknya,” kata dr Hari.(Sumber:Detikhealth)