Berbagai Masalah Yang Membuat Bibir Kering

Posted on
Berbagai Masalah Yang Membuat Bibir Kering
Berbagai Masalah Yang Membuat Bibir Kering

Indobaca.com

Bibir kering merupakan masalah yang sering dialami orang yang banyak menghabiskan waktunya di ruang berpendingin atau pergi ke tempat bercuaca dingin. Kesalahan yang sering kita lakukan adalah membiarkannya begitu saja atau mengelupas kulit bibir sendiri yang kering sehingga bibir kita pun mengeluarkan darah.

Namun banyak pula orang yang sudah menyiapkan balsam atau pelembab bibir untuk mengatasi masalah ini. Tapi perlu kamu ingat bahwa ada beberapa kesalahan lainnya yang juga membuat kondisi bibir tidak lebih baik, meski sudah diberi krim pelembab.

berikut beberapa penyebabnya:

Selalu memakai lipstik

Wanita memang ingin selalu terlihat cantik dan mempesona dihadapan para pria, akan tetapi hal ini bukan berarti harus memakai pemulas bibir 24 jam sehari kan, atau tujuh hari seminggu. Sebuah Pelembab bibir malah lebih diperlukan daripada pemulas berwarna. Sebaiknya gunakan pelembab ketika akan pergi tidur dan sebelum keluar rumah saja.

Memakai Pelembab Berulang Kali

Bibir yang diberi balsam atau pelembab berkali-kali malah hasilnya tidak akan baik dikarenakan akan merusak khasiat balsam tersebut. Bibir yang kering saja sudah menjadi tanda bagian mulut ini butuh sebuah pelembab. Tapi bila terus menerus justru akan mengurangi kadar minyak alami dalam bibir anda sendiri.

Terlalu Sering digosok-gosok

Menggosok bibir atau scrub untuk membuang kulit mati dari bibir memang tak ada salahnya. akan tetapi bila dilakukan setiap hari, hasilnya pun tentu tidak akan baik. Menurut dermatolog Elizabeth Tanzi, menggosok bibir cukup sekali seminggu. Bila terlalu sering justru akan membuat bibir bertambah kering dari seelumnya.

Menjilat bibir Sendiri

Menjilat bibir ketika kering keliatannya memang refleks ya, dengan harapan bibir bisa kembali basah dan lembab kembali. Padahal pada kenyataannya tidaklah seperti itu. Tanzi mengungkapkan bahwa jika anda menjilat bibir yang kering akan membuat kondisinya lebih buruk dan menjadi lebih kering lagi, bahkan menyebabkan eksim.

Makanan Yang Pedas

Menyantap makanan pedas ketika bibir dalam keadaan kering tidaklah diajurkan. Makanan pedas memiliki kecenderungan “membakar” mulut dan membuat kondisi bibir yang sudah terluka malah semakin parah.