Burung Garuda Lambang NKRI, Keberadaannya Mitos Ataukah Fakta? Ini Penjelasannya..

Posted on
Burung Garuda Lambang NKRI, Keberadaannya Mitos Ataukah Fakta?
Burung Garuda Lambang NKRI, Keberadaannya Mitos Ataukah Fakta?

Indobaca.com

Semua warga Indonesia pasti tahu lambang negaranya sendiri yaitu Burung Garuda. Jika kita melihat lambang negara kita tersebut, pasti kita akan membayangkan bahwa burung garuda begitu gagah. Dua sayapnya yang besar dan ditambah dengan jambul di kepalanya menguatkan kegagahan burung garuda ini.

Tapi bagaimanakah sebenarnya wujud dari burung Garuda dalam dunia nyata? Apakah memang burung Garuda itu ada? ataukah hanya mahluk mitos?

Garuda sejatinya merupakan sosok burung mitologis dalam kisah dongeng Mahabarata. Garuda sering digambarkan sebagai burung yang perkasa, setia kawan, dan pemberani. Burung Garuda juga salah satu kendaraan Dewa Wisnu ketika berkelana ke penjuru bumi.

Dalam tradisi Umat Bali, Garuda sangat dimuliakan dan diyakini sebagai raja yang agung atas para burung lainnya. Di Bali ia biasanya digambarkan sebagai makhluk yang memiliki kepala, paruh, sayap, dan cakar elang. Tetapi memiliki tubuh dan lengan layaknya manusia pada umumnya.

Sedangkan lambang Garuda Pancasila pada lambang negra kita dibuat oleh enam tokoh Indonesia yang tergabung dalam kepanitiaan pembuatan lambang ini. Mereka adalah Sultan Hamid II, Ki Hajar Dewantara, Muh Yamin, Moh Natsir, Raden Mas Ngabehi Poerbatjaraka, dan MA Pellaupessy. Di luar mereka, ada sosok warga negara asing yang juga terlibat, yaitu Dirk Rühl Jr, warga negara asal Jerman.