Efek Kebijakan Pemerintahan baru AS, Atlet Asal India Ini Ditolak Masuk AS

Posted on
Efek Kebijakan Pemerintahan baru AS, Atlet Asal India Ini Ditolak Masuk AS
Efek Kebijakan Pemerintahan baru AS, Atlet Asal India Ini Ditolak Masuk AS

Indobaca.com

Kebijakan Presiden Baru Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang melarang masuk tujuh negara Muslim ke negaranya mulai memakan banyak korban. Salah satunya atlet snowshoe asal Kashmir, India ini. Dia telah ditolak pergi ke AS dengan alasan ‘kebijakan pemerintahan terkini’.

Dilansir bbc.com, Rabu (1/2), Tanveer Hussain (26) rencananya akan ikut bertanding dalam sebuah kejuaraan snowshoe dunia 2017 di Serenac Lake, New York, Amerika Serikat. Bahkan, dia sudah berlatih selama beberapa bulan agar bisa ambil bagian dalam kejuaraan tersebut.

Wali Kota Serenac Lake, Clyde Rabideau menyerbut bahwa dua senator langsung menghubungi Kedutaan AS di India untuk mengetahui motif pelarangan tersebut. Pelatih Hussain, Abid Khan sendiri sudah memastikan bahwa seluruh dokumen yang diperlukan sudah diselesaikan dengan baik.

“Kami sebenarnya telah memiliki rekomendasi dari pemerintah lokal dan juga undangan serta surat berifikasi dari federasi New York snowshoe. Akan tetapi petugas visa dari Kedubes AS di Delhi membaca nama kami kemudian masuk ke dalam dan lalu kembali. Dia meminta maaf, dia tidak bisa membantu kami atas dasar kebijakan politik AS yang berlaku saat ini,” Ucap Khan.

Padahal, Tanveer Hussain sendiri pernah mengikuti kejuaraan yang serupa pada tahun lalu. Kini, dua senator tengah berusaha mengintervensi larangan tersebut agar Hussain bisa ikut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut bersama dengan ribuan atlet dunia lainnya.

Kebijakan visa ini sendiri diberlakukan Trump dengan melarang para pendatang dari tujuh negara mayoritas Islam untuk memasuki AS. Ketujuh negara tersebut antara lain Suriah, Sudan, Irak, Iran, Yaman, Somalia dan Libia.