Pemerintah India Larang Penggunaan Bahan Ini Untuk Cegah Polusi Udara

Posted on
Pemerintah India Larang Penggunaan Bahan Ini Untuk Cegah Polusi Udara
Pemerintah India Larang Penggunaan Bahan Ini Untuk Cegah Polusi Udara

Indobaa.com

Pemerintahan India khususnya di ibukota New Delhi memberlakukan larangan penggunaan plastik sekali pakai sejak awal bulan Januari 2017 lalu. Benda-benda yang terbuat dari bahan plastik seperti, cangkir, peralatan makan, tas, dan jenis bahan lainnya dari plastik sekali pakai resmi dilarang oleh National Green Tribunal (NGT).

“Penggunaan plastik sekali pakai dilarang di seluruh NCT Delhi. Aturan ini dibuat demi kesehatan masyarakat dikota Delhi,” Ucap NGT dalam sebuah pernyataan beberapa waktu lalu.

Aturan tersebut dikeluarkan menyusul adanya keprihatinan khusus tentang jumlah sampah plastik yang dihasilkan.

Menurut harian Independent pada 25 Januari 2017, mengutip Times of India, India bertanggung jawab untuk 60 persen dari sampah plastik yang dibuang di lautan dunia setiap tahunnya.

Larangan tersebut juga diberlakukan setelah banyak keluhan tentang pembakaran sampah plastik dan sampah lainnya di tiga tempat pembuangan sampah lokal yang menyebabkan polusi pada udara disekitar kota delhi.

Ketika Perdana Menteri Inggris Theresa May melakukan kunjungan misi dagang ke Delhi selama tiga hari pada bulan November 2016 lalu, Greenpeace telah mengukur kadar polusi udara di India yag dihirup May yakni 36 kali lebih beracun daripada udara yanga ada di London.