Ukraina Berhasil Gagalkan Pasokan Senjata Yang dikirim Rusia Untuk Negara Ini

Posted on
Ukraina Berhasil Gagalkan Pasokan Senjata Yang dikirim Rusia Untuk Iran
Ukraina Berhasil Gagalkan Pasokan Senjata Yang dikirim Rusia Untuk Iran

Indobaca.com

Pihak Pemerintahan Ukraina disebut-sebut telah berhasil menyita pesawat kargo yang bermuatan peluru kendali anti-tank yang dibuat oleh Rusia yang akan dikirim ke Iran. Pesawat beserta peluru kendali tersebut telah berhasil disita di bandara Zhulyany di Kiev, ibu kota Ukraina.

Seperti yang dikutip dari Al Arabiyah pada Minggu, 22 Januari 2017, pesawat yang berisi peluru kendali tersebut ditemukan oleh pihak kepolisian yang menjaga perbatasan Ukraina di bandara Kiev dalam pemeriksaan 17 buah kontainer yang tidak tercantum dalam manifesto kargo penerbangan pesawat tersebut.

Seorang juru bicara polisi mengungkapkan tiga kontainer di antaranya ditemukan menyimpan rudal yang ringan, inframerah peluru kendali anti-tank. Sedangkan sisanya berisi suku cadang untuk pesawat.

Selama proses penyelidikan terhadap anggota kru pesawat tersebut yang berasal dari Iran dan Ukraina, belum diperoleh penjelasan yang pasti tentang pengiriman senjata tersebut. Kru pesawat dinilai melanggar hukum internasional tentang transportasi barang dan senjata Ilegal.

Sanksi PBB terhadap Iran dicabut tahun lalu di bawah kesepakatan yang dibuat dengan pihak negara Inggris, Jerman, Perancis, Rusia, Cina, AS dan Uni Eropa yang bertujuan untuk mengekang program nuklirnya. Tapi Iran masih dikenakan embargo senjata dan pembatasan lainnya, yang secara teknis bukan bagian dari kesepakatan nuklir.