Polisi Thailand Tangkap Bos Besar Pengedar Narkoba Jaringan ASEAN

Posted on
Polisi Thailand Tangkap Bos Besar Pengedar Narkoba Jaringan ASEAN
Polisi Thailand Tangkap Bos Besar Pengedar Narkoba Jaringan ASEAN

Indobaca.com

Pihak kepolisian Negara Thailand dikabarkan telah berhasil menangkap seorang pria berkebangsaan Laos dalam satu operasi di Bandara Suvarnabhumi.

Xaysana Keopimpha pria berusia 42 tahun tersebut, dijuluki sebagai Raja Narkoba ASEAN karena dirinya menjadi dalang dalam satu jaringan perdagangan narkoba di seluruh wilayah ASEAN.

Xaysana berhasil dikepung polisi dan ditangkap dengan disaksikan ratusan orang setelah dia tiba di bandara Suvarnbhumi pada Kamis, 19 Januari 2017 pukul 5 sore waktu setempat. Ia tiba di bandara dari kota Phuket.

Sekretaris Jenderal Kantor Lembaga Pengawasan Obat Sirinya Sithichai menyebut bahwa jaringan narkoba tersebut diyakini menyelundupkan narkoba ke banyak negara di ASEAN, termasuk Malaysia dan negara Singapura.

“pihak Singapura sudah menghubungi pemerintah Thailand untuk mendapatkan informasi tentang jaringan yang dipimpin oleh tersangka,” kata Sithichai, 21 Januari 2017.

Penyelidik otoritas negara Thailand terhadap sindikat narkoba yang dipimpin Xaysana menemukan data bahwa Xaysana merupakan sumber utama bagi distribusi bahan narkotika di seluruh wilayah ASEAN.

Polisi Thailand mencatat sukses besar dalam mendeteksi tersangka menyusul penyitaan lima juta pil methamphetamine tahun lalu.

Wakil Kepala Kepolisian Nasional Thailand Jen Chalermkiat Srivorakarn mengatakan penangkapan warga Laos itu dilakukan setelah aparat melakukan penyelidikan selama lima bulan.

“Para pejabat akan berusaha secara habis-habisan untuk mendeteksi aset milik jaringan itu yang memiliki kaitan dengan obat” pungkasnya