Misteri dibalik Tanggal 20 Januari Pada Pelantikan Presiden AS

Posted on
Misteri dibalik Tanggal 20 Januari Pada Pelantikan Presiden AS
Misteri dibalik Tanggal 20 Januari Pada Pelantikan Presiden AS

Indobaca.com

Presiden terpilih Amerika Serikat yang baru yaitu Donald John Trump akan diambil sumpahnya di Gedung Capitol Hill pada hari ini, Jumat, 20 Januari 2017. Setelah dirinya dilantik, Donald Trump akan menjadi Presiden AS ke-45 menggantikan posisi presiden sebelumnya yang ditinggalkan oleh Barack Obama.

Sama halnya seperti Bill Clinton dan sejumlah Presiden AS sebelumnya, hari pelantikan pria berusia 70 tahun tersebut jatuh pada 20 Januari. Tapi benarkah pelantikan presiden AS selalu jatuh pada tanggal tersebut?

Seperti dilansir oleh BBC, pelantikan presiden AS tersebut yang jatuh pada tangal 20 Januari berlangsung setelah ada amendemen ke-20 pada Konstitusi AS pada tahun 1933 silam. Pelantikan presiden pertama Amerika Serikat adalah George Washington berlangsung pada tanggal 30 April 1789 disebuah balkon Federal Hall dikota New York.

Saat kembali menjabat sebagai Presiden AS, George Washington dilantik pada tanggal 4 Maret 1793. Sejak hari itu, 4 Maret ditetapkan sebagai waktu pelantikan Presiden Amerika Serikat yang baru.

Akan tetapi, jika tanggal 4 Maret jatuh pada hari Ahad(minggu), pelantikan Presiden baru tersebut akan digelar pada keesokan harinya yaitu hari Senin.

Akan tetapi ada beberapa Presiden Amerika yang dilantik pada 5 Januari sebelum amendemen Konstitusi ke-20 pada 1933 silam, yakni James Monroe, Rutherford B. Hayes, Zachary Taylor, dan Woodrow Wilson.

Sebelum amendemen ke-20 tersebut, masa jeda antara pemilihan umum dan pelantikan presiden adalah sekitar empat bulan lamanya. Masa transisi ini diberikan agar presiden lama bisa menyelesaikan semua pekerjaannya yang tersisa sebelum meninggalkan kursi Kepresidenannya.

Sedangkan untuk presiden terpilih yang baru memiliki waktu untuk mempersiapkan diri dalam memasuki masa jabatannya sebagai Presiden baru AS. Akan tetapi, masa tunggu empat bulan tersebut dianggap terlalu riskan bagi jalannya roda pemerintahan di Amerika Serikat.

Masa jeda tersebut akhirnya dipangkas karena adanya kekhawatiran jika pada masa transisi tersebut timbul sebuah Insiden besar yang harus mendapatkan perhatian sesegera mungkin.

Karena pengalaman inilah, Pihak Kongres akhirnya menyetujui amendemen ke-20 konstitusi AS pada 23 Januari 1933. Sama seperti aturan sebelumnya, jika 20 Januari jatuh pada Ahad, pelantikan akan digelar pada hari Senin. Presiden yang dilantik pada 21 Januari, antara lain, adalah Barack Obama, Dwight D. Eisenhower, dan Ronald Reagan.