Berantas Para Koruptor, Pemerintahan China Lakukan Hal ini

Posted on
Berantas Para Koruptor, Pemerintahan China Lakukan Hal ini
Berantas Para Koruptor, Pemerintahan China Lakukan Hal ini

Indobaca.com

Pemerintah dari Kota Kaili, Provinsi Guizhou, Cina, mengeluarkan peraturan yang baru untuk mengurangi pemborosan dan memberanta s korupsi. Isi peraturan tersebut berupa larangan menggelar pesta bagi pasangan pengantin yang menikah untuk kedua kalinya. Pesta hanya dibolehkan untuk acara pemakaman dan pernikahan yang pertama saja.

Secara rinci, peraturan daerah Guizhou ini mewajibkan pasangan yang akan menikah mendaftar rencana mereka untuk mengadakan pesta ke kantor pemerintah setempat. Ini untuk memastikan bahwa mereka belum pernah menikah sebelumnya.

Lalu, bagi keluarga yang ingin mengadakan perjamuan pemakaman anggota keluarga yang meninggal, diwajibkan menyerahkan besarnya pengeluaran perjamuan kepada aparat yang bertugas untuk hal itu dalam tempo sepuluh hari sebelum acara dilaksanakan. Termasuk menyerahkan kuitansi pembelian anggur yang akan dikonsumsi saat menjamu tamu.

Partai Komunis yang berkuasa di Cina melancarkan kampanye antikorupsi di seluruh negeri. Dan Kota Kaili merupakan satu dari beberapa kota yang dihuni orang kaya raya di Cina. Meski ada juga rakyat miskin di Provinsi Guizhou.

Mengutip dari BBC, 18 Januari 2017, peraturan baru ini mendapat dukungan dari banyak golongan dalam masyarakat Cina untuk mempersempit jurang antara si miskin dan si kaya.