Orang ini Sebut Akan Banyak Diplomat Korut Yang Membelot, Alasannya…

Posted on
Orang ini Sebut Akan Banyak Diplomat Korut Yang Membelot, Alasannya...
Orang ini Sebut Akan Banyak Diplomat Korut Yang Membelot, Alasannya…

Indobaca.com

Para diplomat Korea Utara yang diberikan tugas di Eropa disebut-sebut akan memberontak/membelot. Selaku mantan wakil duta besar Korea Utara untuk Inggris, Thae Yong Ho mengungkapkan informasi ini kepada kantor berita Korea Selatan, Yonhap, pada Selasa 17 Januari 2017.

“Saya bukanlah satu-satunya. Masih banyak yang akan memberontak(membelot),” Ucap Thae kepada Yonhap.

Thae membelot ke Korea Selatan pada Agustus tahun lalu. Dan sejak Desember tahun 2016, Thae mulai berbicara kepada media tentang kehidupannya sebagai utusan Korut dan upaya pembelotannya.

Istri dan kedua anak laki-lakinya yang sempat tinggal di London bersamanya, kini terpaksa harus kembali ke negara asalnya Korea Utara. Dia menjadi pejabat tertinggi Korea Utara yang membelot ke negeri jiran sejak 1997 silam. Saat itu, Hwang Jang Yop, otak di balik ideologi Korea Utara, “Juche”, pergi ke Korsel.

Namun dari seluruh pejabat tinggi Korut yang membelot, hanya Thae yang berani bicara kepada publik secara terang-terangan. Pria berusia 54 tahun ini bahkan secara terang-terangan menyatakan kekecewaannya terhadap pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un.