Begini Nasehat Barack Obama Kepada Presiden Terpilih AS Yang Baru

Posted on
Begini Nasehat Barack Obama Kepada Presiden Terpilih AS Yang Baru
Begini Nasehat Barack Obama Kepada Presiden Terpilih AS Yang Baru

Indobaca.com

Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberikan saran kepada Presiden Baru AS Donald Trump untuk tidak menjalankan roda pemerintahan seperti menjalankan bisnis keluarga.

Obama memberikan nasehat kepada penerusnya tersebut mengingat Trump berlatar belakang pengusaha yang pada tanggal 20 Januari mendatang resmi menjabat sebagai presiden AS yang baru.

“Anda tidak bisa mengelolanya (pemerintahan) seperti anda mengelola bisnis keluarga,” ucap Obama menasehati Trump, seperti dikutip dari abc.net.au, 9 Januari 2017.

Obama juga mengingatkan Trump untuk mengerti dengan baik mengenai perbedaan antara berkampanye dengan memimpin sebuah negara negara.

“Betapa ia harus menghargainya sesaat dia berjalan menuju kantornya setelah dilantik, anda sekarang bertanggung jawab pada satu lembaga terbesar di Buni ini,” kata Obama.

Trump, dinasehati Obama untuk berhati-hati dalam memberikan pernyataan sebagai seorang presiden. Sebab, negara-negara di dunia, pasar uang, dan manusia di dunia ini akan menanggapinya secara serius.

Seperti awal Desember lalu, Trump menciut tentang keluhannya mengenai besarnya biaya pembelian pesawat baru Boeing 747 Air Force One. Dampaknya, di hari yang sama saham Lockheed Martin dan Boeing Stock merosot.

Saham Toyota juga jatuh setelah Trump mencuit dari akun Twitternya tentang cabang pabrik mobil di Meksiko.

Obama juga mengingatkan sikap Trump yang meremehkan dampak dari peretasan email dan salah memberi informasi yang diduga dilakukan Rusia. Sehingga Amerika diminta bersatu melawan serangan Rusia.

Trump sejauh ini menolak tudingan Rusia terlibat dalam peretasan aku email data data hasil pemilihan presiden AS pada November lalu demi memenangkan Trump sebagai presiden AS.