Para Pegawai Asal Saudi Arabia Ini Dihukum Cambuk Gara-gara…

Posted on
Para Pegawai Asal Saudi Arabia Ini Dihukum Cambuk Gara-gara...
Para Pegawai Asal Saudi Arabia Ini Dihukum Cambuk Gara-gara…

Indobaca.com

Sekumpulan pekerja asing di sebuah perusahaan konstruksi di negara Arab Saudi April lalu menggelar unjuk rasa karena gaji mereka belum dibayar selama enam bulan lamanya. Sebagai balasannya di pengadilan baru-baru ini mereka malah dihukum cambuk 300 kali dan empat bulan masa penjara.

Video saat demo yang beredar bulan April lalu tersebut mempertontonkan sejumlah bus milik perusahaan Grup Binladin yang dibakar oleh sekelompok pegawai tersebut.

Koran the Independent melaporkan, Rabu (4/1), pihak berwenang mengatakan ada tujuh bus yang dibakar saat insiden tersebut terjadi.

Dalam pengadilan di Makkah sejumlah pendemo dihukum empat bulan penjara dan 300 kali cambukan karena bersalah menghancurkan properti dan memicu kerusuhan pada saat demo berlangsung. Sebagian yang lain dihukum lebih ringan yaitu ditahan selama 45 hari saja.

Sejumlah pekerja di perusahaan Grup Binladin dan Saudi Oger mengaku bahwa gaji karyawannya tidak dibayar selama enam bulan lantaran jatuhnya harga minyak dunia. Beberapa proyek gedung yang sudah dalam proses pembangunan tak mampu membayar gaji para karyawan.

DIsebutkan bahwa Grup Binladin yang sudah membangun ratusan gedung penting di Arab Saudi sesuai dengan kontrak dengan pemerintah didirikan 80 tahun lalu oleh ayah dari pemimpin Al Qaidah Usamah Bin Ladin.

Perusahaan tersebut dikatakan sudah membayar uang gaji 70 ribu pekerja yang terpaksa diberhentikan pada akhir tahun 2016 lalu.